2 November 2012

RSS (Really Simple Syndication)


RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa


  • Rich Site Summary (RSS 0.91)
  • RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
  • Really Simple Syndication (RSS 2.0)


Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.



RSS Feed dan RSS Reader

RSS Feed Membuka terlalu banyak situs secra bersamaan sangatlah tidak efisien dan kadang malah nyasar kemana-kemana. Teknologi yang dibangun dengan RSS ini mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler.

Namun Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Program pengumpul di web tidak memerlukan pemasangan dan pengaturan, kita dapat melihat dan mengecek RSS kita di mana saja, asal ada browser dan koneksi internet.

Umumnya RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara.

Sesuai maknanya, Feed atau Web Feed ini menunggu untuk dikumpulkan/ditarik atau diistilahkan dengan subscribe oleh pembaca umpan atau dikenal sebagai Aggregator atau RSS Reader atau Feed Reader

RSS Reader ada dua tipe, pertama adalah desktop based, dimana Anda harus menginstall aplikasi tersebut ke komputer Anda. Kedua adalah web based, berupa aplikasi web, Anda tidak perlu menginstallnya, cukup buka browser dan membuka alamat RSS reader Anda. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, contohnya di desktop based, Anda perlu download dan melakukan instalasi, tapi ketika sudah terinstalasi Anda dapat membaca RSS Anda secara offline dengan menyimpannya. Sedangkan Web Based, Anda tidak perlu repot-repot download dan melakukan instalasi, tetapi Anda hanya bisa membacanya secara online.

Beberapa RSS Feed yang berbasis Desktop antara lain:


  • RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2

  • FastTrackNews

  • Recover Data RSS Reader 2.0.5

  • RSS Feed Reader 2.1

  • YeahReader 2.4

  • Active Web Reader 2.45

  • Snarfer


Sedangkan yang berbasis web, anda bisa mencoba bloglines atau Google Reader.



Sumber dan Referensi :

http://www.karawanginfo.com/?p=2504

http://wikipedia.org

http://iptek.blogdetik.com/fungsi-%E2%80%9Crss-feeds%E2%80%9D-adalah%E2%80%A6/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar