8 November 2012

Misteri Kehidupan (part.1)


Teman, hidup penuh dengan misteri mungkin tulisan ini merupakan beberapa misteri kehidupan yang tidak bisa kupecahkan. Ini hanyalah hasil pemikiranku  yang coba aku ungkapkan dalam sebuah tulisan.

Dalam  kehidupan, terutama selama masa studiku ini, terkadang aku hanya dapat melihat bahwa orang lain lebih baik, Namun kenapa hanya sekedar rasa kagum melihat kelebihan itu, tanpa pernah berpikir bagaimana seseorang dapat menjadi sebaik itu.

Lalu aku mulai berpikir mungkin seandainya aku dapat mengetahui bagaimana seseorang dapat menjadi lebih baik, akan sulit untuk mengikuti proses itu.
Itulah yang terpikir di benakku selama ini yang mungkin menjadi suatu kesalahan besar. Dimana, aku selalu berpikir tidak pernah bisa menjadi lebih baik, setidaknya untuk diriku sendiri.

Aku hanya bisa menganggap diri rendah, tanpa menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan, bukan hanya kekurangan. Sayang yang ada dibenakku hanyalah sederet rasa bersalah, dan perasaan menjadi seorang yang bodoh karena kekurangan itu.


Dalam benakku hanya terpikir bahwa usaha yang mereka lakukan lebih keras, sehingga mereka bisa menjadi orang yang lebih baik. Lalu pikiran mereka selalu tertuju dan terfokus pada satu tujuan.

Tapi kembali terpikir bagaimana seseorang dapat terus terfokus pada satu tujuan, tanpa adanya masalah ataupun gangguan. Aku pun kembali merasa dalam setiap usaha yang kulakukan pasti ada suatu gangguan atau hambatan.

Dengan demikian aku kembali berpikir, orang dapat menjadi lebih baik sesuai dengan bagaimana seseorang mengatasi masalah atau gangguan yang dia hadapi. Selama ini memang aku tidak pernah bisa mengatasi masalah dengan baik, aku hanya bisa mencoba untuk menghindari masalah, tanpa memikirkan solusi dari masalah itu.

Masalah demi masalah yang tidak dapat terselesaikan, mungkin itulah yang menjadi masalah tiada henti yang terus kupikirkan. Terkadang aku berpikir ketika aku berusaha mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, akan muncul masalah baru yang disebabkan oleh solusi itu.

Apa mungkin kita bisa terlepas dari permasalahan hidup?
Semakin dewasa masalah yang kita pikirkan semakin banyak.
Apa mungkin anak kecil, atau anak bayi tidak memiliki masalah? Aku rasa mereka belum dapat berpikir bahwa yang mereka hadapi adalah suatu masalah.
Permasalahan selama hidup mungkin takkan pernah berakhir, dan hal itulah yang mungkin membuat sebagian orang berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Permasalahan datang bukanlah hanya dari orang lain di luar, tetapi terkadang datang dari orang-orang yang dekat dengan kita, dan terkadang aku berpikir bahwa akulah yang membuat masalah itu terjadi. 


Bersambung….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar