28 April 2013

Intel Haswell, DDR4, L4 Cache, Chipset Z78

Rasanya baru saja kita merasakan performa dari Ivy bridge, tapi tak lama lagi Intel akan me release generasi terbarunya yaitu Haswell. 
Nehalem > Sandy Bridge > Ivy Bridge > Haswel!??
DDR > DDR2 > DDR3 > DDR4??
L1 Cache > L2 Cache > L3 Cache > L4 Cache

Intel Haswell 4th Gen Intel Core Processor

Setelah diprediksi akan tiba di tahun 2013, kini melalui beberapa situs online juga ditemukan mengenai bocoran mengenai kelanjutan generasi dari Sandy Bridge dan Ivy Bridge, yaitu Haswell. Sebelumnya, Haswell dipastikan akan muncul dengan soket baru (yang tidak kompatibel) dengan Ivy Bridge. Hal ini dipastikan dengan dimunculkannya soket baru (LGA1150) yang akan dipakai sebagai pengganti dari LGA1155 yang dipakai oleh Sandy Bridge dan Ivy Bridge.



Dari informasi yang didapatkan melalui beberapa situs, kemungkinan Haswell akan memiliki line-up yang persis seperti pada tabel tersebut. Seperti yang tertera dalam tabel tersebut, line-up prosesor Haswell akan dibagi ke dua jenis menurut konsumsi daya yang terpakai. Untuk prosesor rendah daya umumnya mengonsumsi daya sebesar 35-65W, sedangkan yang biasa akan mengonsumsi daya terbesar hingga 84W dalam keadaan normal.

Sesuai dengan klasifikasi penggunaan dayanya, pada jenis prosesor yang bukan rendah daya akan berjalan di frekuensi 3.00 - 3.50 GHz, dan sekaligus memperbolehkan unlocking multiplier pada dua jenis prosesor, yaitu i5-4670k dan i7-4770k. Selebihnya, fitur unlocking multiplier tidak akan berlaku dan overclocking pada prosesor tersebut sangat dibatasi.

Salah satu hal yang menarik dari line-up Haswell kali ini adalah, keseluruhan prosesor Haswell akan dilengkapi dengan GPU Integrated dengan kode Intel HD4600. Terlihat berbeda dengan sebelumnya yang terbagi dengan tiga kelas, yaitu Intel HD3000, 4000 dan 2000/2500 (yang digunakan pada Intel Celeron). Jadi, baik untuk pengguna klasifikasi prosesor hemat daya sekalipun masih dapat menggunakan Intel HD Graphics yang sama dengan yang digunakan oleh i7-4770k sekalipun.

Menurut dari roadmap Intel yang dimunculkan sebelumnya, kemungkinan Haswell akan diluncurkan pada bulan Maret-April 2013, sesuai dengan strategi "Tick-Tock" yang dikatakan oleh Intel.

Rumor DDR4 Pada Haswell

Setelah dirumorkan akan tiba pada waktu dekat, DDR4 akan diproyeksikan untuk tiba pada 2014, dimana memori berjenis DDR4 digunakan pada Haswell. Menurut dari beberapa sumber, DDR3 masih diterapkan untuk pengguna biasa dan DDR4 akan diterapkan untuk penggunaan komputasi server (Haswell-EX).

Sebagai penerus generasi DDR3, DDR4 diperkirakan akan mengonsumsi daya rendah (hanya 1.2v dalam keadaan normal). Haswell-EX diperkirakan akan menggunakan core sebanyak 16 buah atau lebih, dan DDR4 dapat mengontrol hingga 60 core atau lebih.

Untuk pengguna desktop, DDR4 kemungkinan akan diluncurkan pada tahun 2015, sebagai kelanjutan dari Haswell dan Broadwell di tahun 2014 nanti.

Penerapan L4 Cache Pada Haswell

Sebagai salah satu soket terbaru dari Intel, Haswell dijanjikan akan memberikan performa lebih, baik dari sisi CPU tersendiri maupun dengan GPU-nya. Berdasarkan dari rumor yang muncul di situs VR-Zone, Intel akan menerapkan Cache L4, dimana cache tersebut akan dibagi oleh CPU dan GPU secara bersamaan. Selain itu, Cache L4 juga akan diperkirakan akan meningkatkan performa GPU pada Intel HD Graphics secara signifikan.

Meskipun belum dapat dipastikan secara resmi oleh Intel, tapi menurut beberapa rumor yang beredar ditemukan beberapa tes dari Haswell (beserta tes melalui Intel HD Graphics), yang mampu melampaui Intel HD Graphics pada Ivy Bridge sebesar dua atau tiga kali lebih cepat.

Chipset Z78
Intel nampaknya tidak berhenti berinovasi terhadap produk-produknya, hal itu terbukti dari langkah yang diambil kubu Intel untuk merancang chipset Z87 yang didesain untuk processor generasi ke empat Intel Haswell. Seperti yang kita tau, Intel baru saja mengeluarkan chipset processor Ivy Bridge Z77 pada bulan September kemarin.
Selain menggunakan socket processor terbaru LGA1150, motherboard dengan chipset Z87 juga memiliki fitur terbaru yaitu 6 buah port SATA 6Gbps, dimana di seri Z77 hanya memiliki dua buah port SATA 6Gbps dan empat buah port SATA 3Gbps saja. Hal lainnya yang membedakan chipset Z87 dengan Z77 adalah menghilangnya slot PCI 2.0 yang sebelumnya ditanamkan di Z77.
Motherboard dengan chipset Intel Z87 sudah memiliki slot PCI Express 3.0. Banyak yang mengatakan bahwa PCIe 3.0 tidak akan banyak berubah dalam hal kinerja, tetapi hal ini tidak boleh luput dari pengamatan para produsen graphics card untuk memaksimalkan kemampuan PCIe di masa mendatang.
Jadi untuk sementara ini para pengguna yang memakai Z87 masih bisa menggunakan graphicscardnya dengan menggunakan chip tambahan. Well, semoga saja para pengguna tidak memerlukan waktu yang lama untuk merasakan kinerja graphics card yang mumpuni di motherboard dengan chipset Z87 ini.

Motherboard Chipset Z78 , LGA 1150
Gigabyte GA-Z87X-OC


Asrock Z87 Extreme6



Asrock H87 Pro4



Biostar Z87X 3D



Persiapan buat Haswell LGA 1150, release Juni 2013 


Sumber :

1 komentar:

  1. Jika ingin membangun sebuah PC, lebih baik tunggu tahun depan aja (2014), karena akan diluncurkan RAM DDR4.

    BalasHapus